Tuesday, June 9, 2015

Wattpad.com

Dua hari yang lalu, salah satu anonku di Ask.fm mengatakan kalau ada situs bernama Wattpad. Wattpad adalah sebuah website yang dikhususkan untuk mereka yang senang menulis atau membuat buku. Awalnya, aku kurang tertarik untuk membuatnya karena terlihat ribet. Tapi, setelah kulihat ada salah satu anonku yang cukup kukenal membuat sebuah akun di sana, aku jadi tertarik untuk mencobanya.

Kenapa akhirnya aku membuat Wattpad? Pertama, karena ngikutin anonku itu. Kedua, di sana rupanya hasil karya kita dilindungi oleh hak cipta. Jadi, ketika ada yang memplagiat karyaku, aku bisa melapor ke admin website tersebut. Tindakan selanjutnya aku nggak begitu tau. Tapi kayaknya sih, tulisannya bakal dihapus.

Nah, satu saja ketakutanku kalau soal plagiat. Takut novelku dicopas, habis itu diberikan ke penerbit. Tapi, kurasa, hal ini masih bisa dibawa ke meja hijau. Aku masih bisa menuntut karena pelanggaran hak cipta. Dan aku punya lisensinya di Wattpad. Which is kinda official, I guess.
--
Awalnya aku bingung ketika Hessa memintaku untuk membuat sebuah akun di Ask.fm, tapi lama-lama, aku jadi tertarik untuk terus menulis dan melihat berapa banyak orang yang sebenarnya menyukai karyaku. Hitung-hitung promosi nama. Biar nanti pas menerbitkan novel, orang-orang di dunia maya sudah mengenal namaku. Ibaratnya, aku sedang menciptakan pangsa pasar sendiri. And so far, ada sekitar 370-an orang yang nge-follow aku. Which means, aku harus terus berlatih menulis dan meluaskan pangsa pasar. Hehehe

Kurasa segitu dulu apa yang bisa kutulis. Hari ini aku lagi kena writer's block. Jadi yang bisa kulakukan hanya mengedit draft novel yang sudah kubikin kemarin. Hessa juga bilang untuk jangan memforsir supaya ceritanya nggak jelek. :)

Oke, sampai di sini dulu..

Selamat malam~

No comments:

Post a Comment