Tuesday, June 30, 2015

Menulis

"Rasanya beda kalau kamu menulis di blog dan di Ask.fm.." ucapnya saat itu. Aku sedang meminta pendapatnya tentang tulisan-tulisanku agar kualitas karyaku meningkat. Mendengar ucapan itu, aku jadi bingung sendiri. Entah apa yang berbeda dari tulisanku di blog dan di Ask.fm. Aku tidak tahu karena aku merasa dua-duanya sama saja.

"Nggak tahu kenapa, kalau kamu nulis di blog, bahasa kamu jadi lebih luwes. Mungkin memang karena masalah mood, mungkin, ya?" lanjutnya. Aku semakin berpikir keras, apa benar perbedaan lokasi menulis mempengaruhi kualitas karyaku? Dia juga mengalami hal yang sama denganku. Tetapi, aku masih tidak bisa memasang hal tersebut sebagai patokan.

Aku memang suka menulis. Dan gayaku di Ask.fm adalah dengan meminta orang lain memberikan sebuah kata, dan mari kita lihat apakah aku bisa mendapatkan ide dari sepatah kata yang dikirimkan oleh para anonku. Sejauh ini, aku sudah menghasilkan kurang lebih 900an karya di Ask.fm. Aku tidak peduli jika ada yang mencuri ide itu. Bagiku, ide yang ada di Ask.fm memang tidak seberharga ide yang ada di kepalaku.

"Aku merasa kamu menuliskan alternate ending. Aku tahu kamu masih punya ide yang lebih bagus di dalam kepalamu."

Memang benar. Aku masih memiliki ide yang lebih baik. Tapi kurasa, kenapa karyaku di Ask.fm tidak sebagus di blog atau Wattpad mungkin karena kebebasannya. Di Ask.fm, aku harus membuat cerita setidaknya sekitar 500-1000 kata. Dan itu sangat sulit sekaligus menantang untukku merangkai sebuah cerita dalam karakter yang terbatas. Bagaimana caranya aku bisa membuat sebuah cerita menarik dalam karakter atau jumlah kata yang terbatas.

Berbeda dengan blog, aku bisa menulis sebanyak dan sepanjang yang aku mau. Tidak ada batasan di dalamnya. Sementara Ask.fm, ada. Dan aku harus pintar-pintar memanfaatkan space yang ada untuk membuat sebuah cerita yang menarik. Jelas cerita itu harus singkat, padat, komunikatif, dan mengandung makna yang mendalam. 

Itulah yang sedang kupelajari. Selama ini aku hanya terpaku pada blog dan Wattpad atau Word yang tidak memiliki batasan karakter. Sehingga aku dengan santainya melakukan pemborosan kata, bertele-tele dengan penjelasan, dan lain sebagainya. Di Ask.fm, aku belajar bagaimana caranya membuat cerita pendek. Cerita yang benar-benar pendek dan juga bagus di saat bersamaan. Otak ini harus dipaksa bereksperimen agar jangkauan karyaku lebih luas.

Mungkin, kenapa karyaku di Ask.fm tidak sebagus di tempat lain adalah karena di Ask.fm aku masih belajar. Sedangkan di tempat lain, aku sudah sangat menguasai teknik-tekniknya. Di Ask.fm, aku sedang berkembang, sedang bereksperimen, sedang coba-coba berhadiah. Keberhasilanku dilihat dari berapa banyak orang yang menyukai ceritaku. Semakin banyak likesnya, semakin banyak orang yang mengerti maksud dari ceritaku.
--
Kukira segitu saja yang bisa kutulis.



Sekian.
Veinal Anovyn

No comments:

Post a Comment